-->

Perbedaan will, will be, dan will have beserta contoh kalimatnya

Posting Komentar
Perbedaan will, will be, dan will have beserta contoh kalimatnya


Perbedaan will, will be, dan will have

Ketiga to be future will yakni; will, will be, will have, merupakan to be yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang akan dilakukan di masa mendatang. Hanya saja, ketiganya digunakan dengan cara yang berbeda. Dimana will berarti akan melakukan sesuatu, will be berarti akan melakukan sesuatu selama (diketahui lamanya waktu yang akan digunakan), dan will have berarti menyatakan waktu selesainya sebuah aktivitas di masa mendatang.

Simak perbedaan penggunaan will, will be dan will have.

Will

Will digunakan untuk menyatakan aktivitas yang akan dilakukan di masa mendatang dengan tanpa kurung waktu yang ditentukan. Bisa segara dilakukan saat setelah mengatakannya, bisa juga kapan-kapan aja.

Misalnya

Saya akan ke pasar 

(I will go to the market)

Saat mengatakan kalimat itu, berarti orangnya segera ke pasar atau mungkin masih dalam perjalanan.  Selama masih belum sampai di pasar, berarti orang itu akan ke pasar.

Will be

Will be digunakan untuk menyatakan aktivitas yang akan dilakukan di masa mendatang dengan kurung waktu selama aktivitas itu berlangsung atau pekerjaan itu dilakukan.

Misalnya

Saya akan ke pasar selama satu jam

(I will be going to the market about one hour)

Saat orang itu mengatakan kalimatnya, berarti mulai dia berangkat dari rumah menuju pasar, timer sudah berjalan. Kalau dia berangkat tepat pukul delapan, maka saat pukul sembilan dia harus dan telah ada di rumah.

Will have

Will have digunakan untuk menyatakan waktu selesainya aktivitas yang akan dilakukan di masa mendatang.

I will have gone to the market at eight o’clock 

(Saya akan telah pergi ke pasar saat pukul delapan)

Saat mengatakan kalimat itu, berarti orangnya masih di rumah. Dan dia tahu bahwa kalau misalnya tidak ada halangan, dia akan telah pergi ke pasar saat pukul delapan. Atau pas pukul delapan dia sudah di rumah menteng belanjaan dari pasar.

Perbedaan dari will, will be, dan will have

Pertam: Kurung waktu yang digunakan. 

Will —>  tanpa ikatan waktu. 

Will be —> waktu selama berlangsungnya aktivitas. 

Will have —> waktu selesainya aktivitas.

Kedua: Kata kerja yang digunakan. 

Will menggunakan kata kerja bentuk pertama. 

Will be menggunakan kata kerja dengan tambahan “ing’’. 

Dan will have menggunakan kata kerja bentuk past atau bentuk ketiga.  

Contoh:

Will go ....

Will be going ....

Will have gone ....

Itu aja perbedaannya yang perlu diperhatikan. 

Sekali lagi, ketika akan melakukan, berarti gunkan to be will.

Ketika akan melakukan selama berarti gunakan to be will be.

Ketikan akan selesai melakukan berarti gunakan to be will have.

Contoh kalimat menggunakan to be will

I will eat bakso (Saya akan makan bakso).

I will take medicine (Saya akan minum obat).

I will see the situation (Saya akan melihat situasinya).

I will read the novel (Saya akan membaca novelnya).

I will write the book (Saya akan menulis buku)

Contoh kalimat menggunakan to be will be

I will be eating bakso from 8:00 to 8:30 o’clock (Saya akan makan bakso dari jam 8:00 sampai jam 8:30).

I will be taking the medicine in about 1 minute (Saya akan minum obat dalam waktu sekitar 1 menit).

I will be seeing the situation about one day, tomorrow (Saya akan melihat situasi sekitar suatu hari, besok).

I will be reading the novel about one month (Saya akan membaca novel sekitar satu bulan).

I will be writing the book at July to December or about five month (Saya akan menulis buku pada Juli hingga Desember atau sekitar lima bulan).

Contoh kalimat menggunakan to be will have

I will have eaten bakso at 8:30 o’clock (Saya akan selesai makan bakso saat pukul 8:30).

I will have took the medicine in about 1 minute from now

will have saw the situation until the day after tomorrow (I will have saw the situation until the day after tomorrow).

I will have read  this novel until next month (Saya akan membaca novel ini sampai bulan depan).

I will have wrote the book in December (Saya akan menulis buku pada bulan Desember).

Artikel terkait

Penggunaan to be will

Penggunaan to be will be

Penggunaan to be will have 

OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter