-->

Perbedaan antara direct object dan indirect object dalam bahasa Inggris

Posting Komentar

 Objek dalam bahasa Inggris merupakan kata benda (nama dari sebuah benda) yang diungkapkan, dilakukan, dilihat, dituju, dan lain sebagainya dalam kalimat. 

Perbedaan antara direct object dan indirect object dalam bahasa Inggris


Sekilas contoh objek dalam kalimat

Objek bisa berupa nama benda, atau pun kata ganti dari nama benda. 

Misalnya: Saya memukul Andi.

Kata Andi adalah nama orang alias benda. 

Saya cinta dia 

Dia adala objek.

Saya makan mie.

Mie adalah objek.

Saya menulis surat. 

Suarat adalah objek. 

Objek dalam bahasa Inggris dibagi menjadi dua yaitu: direct object dan indirect object

Direct object

Diret object adalah objek yang pembahasannya langsung tertuju pada bendanya. 

I eat banana (saya makan banana).

Banana pada kalimat di atas merupakan objek yang berbentuk direct object. 

Jadi direct object ini adalah satu-satunya nama benda yang menjadi objek dalam kalimat. 

Jika ada dua objek pada kalimat, maka objek satunya adalah indirect object. 

Indirect object

Indirect object adalah kata beda juga, tapi dalam kalimat itu ada dua kata benda yang menjadi objek. Satu direct object dan satunya lagi indirect object.

Ketentuan dalam menentukan indirect object dalam kalimat

1#.  Jika yang memberikan sebuah benda adalah si subjek, maka benda yang menerima atau yang mendapatkan bendanya adalah indirect object.

Contoh si subjek yang meberi benda

I give him a banana (saya kasih dia pisang)

Pada kalimat di atas, ada dua kata benda yaitu him, dan banana yang menjadi objek.

Pada kalimat itu, yang memberi pisang adalah si subjek (I) dan yang mendapat pisang adalah si objek him.

2# Jika yang mendapatkan benda atau yang diuntungkan ialah si subjek, maka kata benda yang memberi atau yang dirugikan adalah indirect object.

Contoh kalimat si subjek yang mendapatkan keuntungan

I take his banana (saya ambil dia punya pisang)

Pada kalimat itu ada dua kata benda yang manjadi objek, yaitu: his dan banana.

Dan di situ juga menjelaskan bahwa, si subjeklah yang diuntungkan dan si objek yang dirugikan (his).

Dan yang dirugikan itulah indirect object.

Maka ketika ada pertanyaan manakah objek langsung dan tidak langsung atau direct dan indirect object pada sebuah kalimat.

Jawabannya:

Pertama-tama kita lihat siapa yang mendapat keuntungan. 

Jika si subjek yang diuntungkan, maka yang menjadi indirect object adalah kata benda yang dirugikan. 

Dan jika si subjek yang dirugikan, maka kata benda yang diuntungkanlah yang menjadi indirect object. 

Kenapa harus ada direct dan indirect objek?

Iya, kedua objek ini memang kadangkala saling melengkapi demi keutuhan sebuah kalimat. 

Misalnya kalau saya katakan: "Saya kasih pisang."

Kalimat itu belum lengkap. 

Akan ada lagi pertanyaan: siapa yang saya kasih. 

Jika saya bialang,"Saya kasih Fatir pisang."

Kalimatnya jedi lengkap. 

Oke, jadi kalau saya tanya manakan indirect object pada kalimat: saya kasih Fatir pisang.

Jawabannya ialah Fatir.

Apakah indirect objek selalu ada di depan objek direct? 

Tidak harus.

Lihat saja siapa yang mendapatkan keuntungan dari kedua objek pada kalimatnya, maka dialah yang menjadi indirect object-nya. 

Jika saya bilang, "Saya kasih pisang kepada Fatir."

Yang menjadi indirect object pada kalimat itu tetap Fatir. 

Karena?

Ya, karena Fatirlah yang mendapatkan keuntungan atau Fatirlah yang mendapkan pisang itu.

Satu ketentuan jika indirect object diletakkan di belakang direct object, kita perlu kata penghubung seperti; kepada (to), untuk (for) dll.

Contoh kalimat indirect object di depan 

I give Fatir a banana (Saya kasih Fatir sebuah banan). --- Yang diuntungkan adalah si Fatir.

I take Fatirs banana (Saya ambil pisangnya Fatir). --- Yang dirugikan adalah si Fatir. 

Dan kedua contoh kalimat itu, Fatirlah yang menjadi indirect object

Contoh kalimat indirect object di belakang 

I give a banana to Fatir (Saya kasih pisang kepada Fatir). 

I got a banana form Fatir (Saya dapat pisang dari Fatir). 

Kesimpulan  

Direct object dan indirect object itu adalah masing-masing kata benda dalam kalimat. 

Jika dalam kalimat hanya ada satu kata benda, berarti pada kalimat tersebut hanya ada direct object atau objek saja. 

Ketika ada dua kata benda dalam kalimat maka salah satunya adalah indirect object.

Direct dan indirect object bisa saling tukar posisi. Atau kadang direct object di depan dan kadang pula di belakang. 

Namun, satu hal yang perlu diingat, ketika indirect object diletakkan di belakang direct object, kita perlu manambah kata penghubung, seperti; to, for, from, dll. 

....

Baiklah cuma itu yang bisa saya sampaikan mengenai perbedaan direct object dan indirect object dalam bahasa Inggris.

Semoga kamu bisa paham dan dapat diaplikasikan. 

Oyah jika ada pertanyaan silakan tanya di kolom komentar. 

Terima kasih dan assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu. 


OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter