-->

Alasan yang sering menghambat pembelajaran bahasa inggris

Posting Komentar

Kendala yang sering menghambat pembelajaran bahasa inggris



Daftar topik:
1.       Tidak mood,
2.       Lagi galau,dan
3.       Lagi sibuk.

-
Belajar bahasa inggris itu bukanlah hal yang mudah, namun satu hal yang harus kita ingat tidak ada keberhasilan yang bisa di raih tanpa perjuangan dan kerja keras. Dalam kesadaran tentu kata-kata bijak ini sudah sering sekali terdengar di telinga, bahkan anak kecil sekalipun semuanya bisa melafalkan kata-kata itu. Yang menjadi pertanyaan apakah kita sudah bisa mengaplikasikan-nya dalam kehidupan pribadi. Tentu banyak hal yang selalu menjadi alasan untuk ngles dari kata bijak itu.

Dalam kesadaran kita semua pasti menginginkan hal yang baik untuk kedepan-nya, yang menjadi pertanyaan, apakah kita sanggup mewujudkannya atau tidak? Apakah kita sudah mempersiapkannya, mulai dari sekarang atau belum?
Untuk membangkitkan semangat itu mari kita membahasnya bersama, aku sudah menyiapkan beberapa bagian pembahasan yang mungkin akan sedikit memberikan motivasi, buat teman-teman yang mungkin sedang mengalami kendala dalam belajar bahasa inggris, tentunya pembahasan ini mengacu dari pengalaman pribadi.

Aku sendiri sering mengalami hal yang akan menjadi pembahasan kita nantinya, namun aku ingin menjelaskan hal itu agar teman tidak mengalami hal yang pernah dan selalu menjadi kendala buat saya pada saat belajar bahasa Inggris dulu, bahkan sampai sekarang perasaan itu masih saja selalu setia menemani dan selalu saja merayu-ku untuk tidak belajar.

1.       Tidak mood

Inilah yang selalu menjadi tembok penghalang buat kita, sehingga kita sering mengalihkan perhatian dan bahkan tidak menghiraukan betapa pentingnya untuk belajar. Alasan tidak mood inilah yang sering membuat kita menjadi malas belajar, padahal tanpa belajar tentu ilmu yang kita miliki itu tidak akan bertambah. Maka dari itu jangan biarkan mood itu menghalangi kesuksesan masa depan anda. Dengan menguasai bahasa inggris tentu masa depan anda akan lebih cerah daripada teman yang sama sekali tidak bisa berbahasa inggris, aku yakin itu. Sekarang ini aku sudah merasakannya. Terkadang aku begitu kasihan melihat teman yang selalu mengecilkan dirinya ketika kita membahas tentang pekerjaan yang berbau luar negeri.

Ya,,, sebagai seorang anak muda yang ber-profesi sebagai pelaut, tentu aku dan teman-teman sangat butuh yang namanya bahasa inggris, namun hanya sedikit di antara kami yang bisa menaklukkan bahasa orang asing itu, yakni bahasa yang tak beraturan itu. Menurut Pak Teguh Handoko, "Bahasa inggris itu bukanlah bahasa yang seharusnya membuat kita minder, coba anda lihat sendiri, bahasa Indonesia aja yang super-duber ok tata bahasanya, tidak kita hiraukan, apatah lagi bahasa orang asing yang memang kita tidak kenal sebelumnya, tidak kita tau sejarahnya, kenapa harus kita buat susah.

Yang penting anda mengerti dan aku mengerti yah lanjut, itu aja tidak perlu memperhatikan apakah penggunaan bahasa-ku ini sudah tepat atau belum, yang terpenting kita sudah bisa mengutarakan-nya, entah benar atau salah, tidak perlu di hiraukan. Jangan buat bahasa inggris itu special sekali dalam benakmu, anggap saja bahasa inggris itu bahasa rendahan, bahasa ejekan, bahasa tidak beraturan, bahasa yang tidak perlu di buat susah, dengan memiliki anggapan seperti itu, tentu bahasa inggris itu akan anda taklukkan dengan mudah.

2.       Lagi galau

Ini alasan yang kerap kali membuat kaum remaja membuat dirinya tersiksa sendiri, kenapa? di saat galau malah dia meratapi nasibnya, entah itu di tinggal kekasih atau di tinggal orang yang sangat ia sayangi. Jarang sekali ada anak mudah bisa mengalihkan perasaan galau itu ke hal-hal yang positif. Nah jangan tersinggung brow n sis,

Ia jujur aku sering merasakannya, di saat galau aku malah terpuruk, bersedih meratapi nasib, padahal jika kita mengalihkan perasaan galau itu ke hal yang positif tentu kita akan mendapatkan sesuatu yang positif pula. Coba bayangkan jika kita sedang patah hati, lagi putus cinta, tidak usah bersedih tidak usah meratapi kekasih yang tidak setia itu, bangun dan bangkit, buktikan bahwa dirimu bukanlah orang yang lemah, buktikan bahwa dia bukanlah segalanya, jadikan masa galaumu itu sebuah moment yang bisa membuat dirimu lebih eksis, lebih kreatif, sehingga masa depan anda akan menjadi lebih cemerlan, dan jika anda mendapatkan itu tentu orang yang pernah menyakiti itu akan menyesal, telah menyia-nyiakan dirimu.

Buat hidupmu sehappy mungkin, sehingga tidak pernah ada kegalauan yang pernah terjadi, kalau pun terjadi alihkan ke-hal-hal yang positif aja, salah satunya belajar bahasa inggris dengan sungguh-sungguh, kalau bisa di tambah 100 derajat dari sebelumnya.

Menurut pengalaman pribadi, di saat aku di tinggal kekasihku yang begitu sangat ku-sayangi aku merasa dunia-ku sudah berakhir, dunia-ku sudah hancur, tapi ternyata tidak, tidak, tidak. Aku berhasil bangkit, aku berhasil mengalahkan kegalauan itu ke arah yang positif. Aku berhasil menjadi penulis blogger yang bisa me-nayang-kan google adsense, aku berhasil dan bisa bermain saham pasar uang di bitcoin.co.id. aku berhasil join di kapal pesiar holland america line, yang tentu semua itu membutuhkan skill English yang sangat power full. Dan alhamdulillah semua itu aku raih dalam masa kegalauan. Tentu semua yang aku nikmati sekarang ini adalah hasil dari kerja keras yang di berkati oleh kuasa Allah, maka dari itu manfaatkan kegalauan itu ke hal-hal yang positif,  dan rasakan hasilnya. 

Belajar bahasa inggris itu bukan hanya untuk mereka yang ingin bekerja di luar negri, tapi untuk kita semua, yang ingin menaklukkan dunia, dengan pengetahuan yang tanpa batas. Kita tentu sering melihat orang-orang yang ada di sekitar kita yang memiliki apa saja yang ia butuhkan, itu tidak lain dan tidak bukan, melainkan mereka sudah bekerja keras dan belajar, sehingga mereka bisa memiliki  apa saja yang mereka butuhkan. dan itu tentu karena mereka punya kelebihan daripada yang lainnya
   

3.       Lagi sibuk


Ini yang selalu menjadi alasan yang sangat menyesatkan, belajar bahasa inggris itu tidak perlu lama dalam sehari, cukup anda belajar sebelum tidur selama sepuluh atau dua puluh menit saja itu sudah cukup, jangan pernah bilang, anda tidak punya waktu untuk mengerjakan sesuatu yang sangat anda butuhkan, mempelajari hal-hal yang sangat kita butuhkan itu tentu tidak akan pernah memberatkan pribadi.

Lihat saja buktinya pemain bola, pasti selalu ingin latihan. Tidak lain, itu hanya untuk melatih skill yang ia miliki. Coba lihat artis, meski pun ia sudah menjadi artis besar tetap saja ia belajar dan berlatih. Terus, mengapa kita yang punya keinginan untuk mahir berbahasa, kenapa tidak kita investasi-kan waktu itu. Biarpun sedikit, asalkan berkelanjutan.

Belajar bahasa inggris itu tidak perlu diribetkan, cukup di buat santai aja. Ingat bahasa itu bukan sekedar pengetahuan, tapi skill, pahami itu. Sekali lagi bahasa Inggris itu bukan sekedar pengetahuan tapi skill. Jadi bukan hanya sekedar ingin tahu, tapi harus bisa menggunakan-nya. Dan yang terakhir jangan pernah takut salah, ok.

Admin kece
Hai, Saya admin kece, yang akan selalu siap membantu kamu jika memerlukan. Sebelumnya saya adalah crew dari perusahaan kapal pesiar dengan jabatan sebagai AB. Dan, saat ini saya sedang long vacation and insya Allah akan stay di rumah dengan durasi waktu yang lama. Jadi, saya akan menyempatkan diri untuk berbagi yang insya Allah bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter