-->

3 Cara menyemangati diri untuk tetap belajar bahsa inggris

Posting Komentar

3 Cara menyemangati diri untuk belajar bahasa inggris

Daftar topik

1.       Konsisten
2     Banyak melihat ke orang-orang yang bisa berbahasa Inggris
3.       Memimpikan karir yang luar biasa

1.       Konsisten

-
Konsisten berarti tidak boleh menyerah dalam keadaan apa pun. Untuk menjadi orang yang bisa berbahasa inggris dengan fasih itu bukan lah hal yang mudah. Satu hal yang perlu di ingat tidak ada orang yang bisa melakukan suatu hal dengan sukses tanpa harus melalui yang namanya proses pembelajaran.
Seperti yang pernah digagas oleh Malcolm Gladwel dalam bukunya yang berjudul Outliers dengan argumentasinya

“Bahwa penguasaan dalam suatu bidang tertentu merupakan kunci utama dari kesuksesan, dan penguasaan tersebut hanya bisa diperoleh oleh seseorang jika telah melakukan latihan minimal 10.000 jam”

   Hukum 10.000 jam alias The Rule of 10.000 Hours, merupakan renggang waktu yang harus anda lewati terlebih dahulu dalam berlatih, dan  ini nyata.
Coba bayangkan kembali di saat anda masih berumur 2 tahun tentu anda sudah bisa berbicara menggunakan bahasa indonesia dengan seadanya. Setelah berumur 6 tahun anda sudah mulai aktif menggunakan bahasa indonesia di sekolah dasar, dan itu pun masih seadanya pula, jika anda tinggal di daerah tentu bahasa utama yang berlaku di sekolahan adalah bahasa daerah. Namun anda pun sedikit demi sedikit belajar menggunakan bahasa Indonesia meski masih seadanya. Disaat anda berusia 12 tahun mulailah anda agak sering menggunakan bahasa Indonesia itu meskipun bahasa yang anda gunakan masih belepotan. Perlahan mulailah anda suka nakal menggoda cewek (bagi yang laki-laki) dengan menggunakan bahasa Indonesia, namun seiring berjalannya waktu anda seakan merasa malu berbicara dengan lawan jenis, jika menggunakan bahasa daerah, anda pun terus mengupdet bahasa Indonesia yang anda miliki, meskipun masih belum sesuai dengan EYD (ejaan yang di sempurnakan). Hari berganti hari, tahun pun berganti, dan tibalah saatnya anda harus duduk di bangku SMA, dan di masa SMA ini anda sudah harga mati bahwa anda harus berbahasa Indonesia.
Saya yakin bahwa anda sudah agak malu menggunakan bahasa daerah di sekolah, dan sudah pasti anda akan serius memperbaiki bahasa Indonesia anda, agar terdengar tidak kampungan. Maka di tahap level inilah anda sudah membuka pintu hati bahwa saya harus tahu menggunakan tata bahasa indonesia dengan benar. Kita bisa lihat perjalanan anda untuk menguasai bahasa indonesia saja begitu lama, padahal ini adalah bahasa negara kita sendiri, Bagaimana dengan bahasa inggris? Tentu kita butuh waktu yang cukup lama untuk menguasainya. 

Disaat anda ingin belajar bahasa inggris, anda harus tahu dulu level saya ada di mana, apakah level anda baru di tingkat SD, atau sudah  di tingkat SMP, ataukah sudah berada di level SMA.
Jika level anda masih di tingkat SD gunakan lah bahasa inggris itu seadanya saja, seperti halnya bahasa indonesia yang berlaku di kalangan SD,
Jika level anda sudah  di tingkat SMP mulailah sedikit demi sedikit memperbaikinya, namun hantam sajalah dulu, yang penting jadi.
Jika level anda sudah setingkat dengan anak SMA mulailah memperhatikan yang salah, lalu memperbaikinya, mulailah melihat dari sisi mana-nya bahasa inggris yang aku miliki sekarang ini yang harus di daur ulang.

Di tahap ini anda sudah begitu mudah mendaur ulang bahasa inggris yang sudah anda miliki itu. Secara logika mendaur ulang produk lama itu lebih mudah daripada menciptakan produk baru.
Jadi teruslah konsisten dalam belajar bahasa inggris, jika anda baru pemula, anggap saja bahwa anda baru di tahap anak SD (LEVEL I).  Jadi perlakukan bahasa orang asing ini dengan seadanya saja. Nanti anda akan merasakan perubahan-perubahan itu, akan naik ke level demi level. Dan insyaallah pada akhirnya anda akan merasakan sebuah keberhasilan itu jika level anda sudah setingkat dengan anak SMA (LEVEL III).

2. Banyak-banyak melihat ke orang-orang yang bisa berbahasa inggris.

Perbanyak melihat ke orang yang bisa berbahasa inggris, tentu anda akan merasa terinspirasi, merasa ter-tantang jika melihat atau pun mendengar mereka yang bisa berbahasa inggris dengan sangat mudah, bahkan banyak orang indonesia, mereka lebih fasih berbahasa inggris daripada berbahasa daerah, dan mereka itu tidaklah di anugrahi oleh Yang Maha Kuasa sebuah lidah yang begitu lunak mengucapkan kata demi kata dalam bentuk english, tidak, sekali lagi tidak, melainkan mereka memang tidak pernah berhenti belajar, mereka memang tidak pernah bosan belajar mengucapkan kata-kata itu dalam bentuk english.

Jika anda sudah menganggap bahwa english itu mudah maka tidak ada waktu yang terlewatkan tanpa anda menggunakan bahasa Inggris. Di saat mereka mendengar lagu mereka pun belajar, disaat menonton tv mereka pun belajar. Kosakata bahasa inggris itu tidaklah sulit untuk di ingat tapi tidak bisa juga di tampung sekaligus dalam jumlah banyak, mungkin dalam sehari-semalam hanyalah satu atau dua kata saja yang bisa melekat  dalam ingatan, jadi kita itu membutuhkan waktu yang lama untuk menyimpan sedikit demi sedikit kosakata itu dalam ingatan, Jika anda mulai belajar dari sekarang aku yakin dan percaya bahwa satu atau dua tahun kemudian anda sudah pasti bisa mengucapkan nama-nama benda yang ada di depan mata Anda tanpa harus berfikir, atau pun mungkin setiap anda menginginkan sesuatu anda sudah pasti bisa memintanya atau mengutarakan-nya dalam bentuk bahasa  inggris.

3.       Memimpikan karir yang luar biasa.

Dengan memimpikan karir yang luar biasa anda pasti akan ter-motivasi untuk belajar dan belajar. Jika anda tidak punya mimpi yang tinggi, aku yakin anda tidak mungkin bisa nafsu untuk belajar bahasa inggris. Yakin saja. Jika anda yang suka belajar bahasa inggris atau setidaknya mencari tau bagaimana caranya supaya bisa berbahasa inggris dengan benar, aku  sudah bisa pastikan bahwa anda adalah generasi indonesia yang bermimpi tinggi, yang memiliki cita-cita yang luar biasa, dan memiliki keinginan untuk menguasai dunia.

Bersyukurlah jika anda sudah memiliki rasa ingin tahu tentang bahasa inggris, karena di saat anda sudah bisa menaklukkan-nya, otomatis anda akan berada di atas level rata-rata bisa saja anda akan terseret menjadi orang sukses. Dan anda kan merasakan betapa nikmatnya masa depan anda nanti. Maka dari itu mulailah dari sekarang, dan tanamkan dalam benak “bahwa tidak ada yang tidak mungkin, dan tidak ada kata terlambat.” So now, just do it. ok

Admin kece
Hai, Saya admin kece, yang akan selalu siap membantu kamu jika memerlukan. Sebelumnya saya adalah crew dari perusahaan kapal pesiar dengan jabatan sebagai AB. Dan, saat ini saya sedang long vacation and insya Allah akan stay di rumah dengan durasi waktu yang lama. Jadi, saya akan menyempatkan diri untuk berbagi yang insya Allah bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter