-->

h. Cara mengubah kata kerja dan kata benda menjadi kata profesi/pekerjaan dalam bahasa Inggris

2 komentar

cara mengubah kata benda menjadi kata profesi
-
Dalam belajar bahasa Inggris, admin yakin kamu masih sering bingung tentang bagaimana caranya, kok kata dasarnya berbentuk kata kerja, atau kata dasarnya berbentuk kata benda, tapi bisa berubah menjadi kata profesi/pekerjaan.


Berikut tips dari admin yang perlu kamu baca

Dalam bahasa Indonesia sebenarnya juga telah jelas, bila kata kerja atau kata benda itu bisa berubah menjadi kata profesi/pekerjaan, tapi tidak diperhatikan saja.


Misalnya kata dasarnya nyanyi, berubah menjadi kata kerja bernyanyi, dan berubah lagi menjadi kata profesi yaitu penyanyi.
Kata “nyanyi” ialah kata benda, yang bila ditambah awalan ber maka akan menjadi kata kerja yaitu “bernyanyi”, dan bila ditambah awalan pe akan menjadi “penyanyi” yang artinya pekerjaan.
Perubahan itu masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.
Misalnya “nyanyi”, jika diartikan secara harfiah, nyanyi  ialah bunyi-bunyian yang keluar dari rongga mulut dengan irama yang teratur dan dapat mengundang hasrat. Jadi kata nyanyi adalah kata benda bukanlah kata kerja.
Namun, ketika ditambah dengan awal ber di depannya maka kata nyanyi itu akan menjadi kata kerja yaitu bernyanyi. Bernyanyi jika diartikan secara garis besar ialah orang yang sedang melantunkan alunan nada suara yang teratur dan dapat menghasilkan keindahan tiada tara.
Sedangkan jika ditambahkan awalan pe di depan kata “nyanyi” maka akan menjadi sebuah profesi yaitu, penyanyi. Penyanyi bila diartikan pada fungsinya ialah orang yang pekerjaannya mencatri nafkah dari mendandangkan nada.
Nah, apakah sama dalam bahasa Inggris? Tentu sama, asalkan kamu jeli menelitinya. Namun, dalam bahasa Inggris tidaklah terlalu rumit. Karena kata dasar pada kata kerja dalam bahasa Inggris tidak seperti dalam bahasa Indonesia yang bisa melalui tiga tingkatan. Dari kata benda ke kata kerja terus ke kata benda sebagai pelaku.  
Dalam bahasa Inggris, kalau kata kerja, ya kata kerja, kalau kata benda, ya kata benda. Beda dengan bahasa kita yang bisa dibolak-balik dari kata kerja ke kata benda.
Misalnya: sing/menyanyi.
Kata sing/menyanyi. Jelas sudah bahwa, kata itu adalah kata kerja tanpa harus ditambah awalan selayaknya dalam bahasa Indonesia.
Contoh:
I sing for you/saya menyanyi untukmu.
Pada kalimat di atas, mengandung rumus S+P+O (subjek+predikat+objek). Kata kerjanya berfungsi sebagai predikat. Masih ingat kan, postingan yang lalu, tentang predikat. Dan kalau memang kamu baru membaca artikel ini, jangan lupa untuk membaca artikel ini juga Penjelasan tentang predikat dalam bahasa Inggris.
So, kata kerja dalam bahasa Inggris hanya fokus pada satu fungsi yaitu sebagai kata kerja dan tidak memiliki kata dasar yang berupa kata benda, tidaklah sama dengan kata kerja dalam bahasa Indonesia yang bisa berubah-ubah.
Dengan alasan itu pula, kata kerja tersebut tidak diikuti dengan awalan awalan seperti dalam bahasa Indonesia. Namun, akan ada tambahan di belakang kata. Biasanya akan ada tambahan, sesuai dengan frekuensi waktu kejadian. Akan tetapi, untuk pembahasan pada kata kerja yang mengalami frekuensi kejadian, akan admin jelaskan nanti. Untuk saat ini, cukup satu aja biar kamu bisa fokus dan tidak bingung.
Untuk pembahasan kali ini, khusus mengubah kata kerja dan kata benda menjadi profesi/pekerjaan.

Cara mengubah kata kerja dan kata benda dalam bahasa Inggris menjadi profesi atau pekerjaan.

Caranya cukup simple ialah hanya dengan menambahkan akhiran er atau r di belakang kata kerja, maka kata kerja tersebut akan menjadi profesi/pekerjaan. 
Penambahan er pada kata kerja bila kata kerja yang digunakan tidak berakhiran e.
Contoh:


Kata sing, jika hendak diubah menjadi kata profesi maka hanya dengan menambahkan huruf er, sehingga  kata sing akan menjadi singer.
Kata write, karena berakhiran huruf e maka cukup menambahkan huruf r saja, sehingga akan menjadi writer.
Farm/bertani diubah menjadi farmer.
Race/balap adalah kata benda yang artinya: benda yang berlari kencang. Race dapat diubah menjadi racer/pembalap dengan hanya menambah huru r di belakang kata race.
Contoh penggunaan dalam kalimat.
I am a singer.
She is a racer.
My father is a farmer.
You are a boxer.
Contoh kalimat di atas adalah kalimat yang yang menggunakan to be (am, are, dan is) yang berarti adalah. Kamu udah paham kan, bagian itu? Andaikan belum baca juga artikel ini Penggunaan to be am are is dalam bahasa inggris yang berarti adalah  
Silahkan latihan untuk menemukan beberapa kata benda dan kata kerja yang bisa diubah menjadi kata profesi! Kalau kamu sempat, boleh menulisnya di kolom komentar. Supaya admin bisa melihat bagaimana respon dan tanggap yang kamu miliki sebagai modal dalam belajar bahasa Inggris.
Untuk hari ini, cukup sampai di sini dulu semoga dapat membantu kamu yang lagi berjuang untuk menaklukkan bahasa Inggris. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakathu, dan jumpa lagi di artikel selanjutnya.

OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

2 komentar

  1. Kak bagaimana dg "capture" ... ad di sbgian kamus artinya menawan ...brrti klo tawanan apa dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tawanan adalah sinonim dari kata tahanan. Sedangkan menawan adalah sinonim dari kata cantik.

      So kedua kata tersebut bukan merupakan bentuk perubahan. Melaikan, dua jenis kata dasar dari bahasa Indonesia.

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter