-->

g. Penggunaan to be am, are, is dalam bahasa Inggris yang berarti “adalah”

Posting Komentar

Penggunaan to be dalam bahasa Inggris dapat memberikan arti yang banyak, terkadang berarti adalah, terkadang berarti sedang, kadang berarti telah, akan, dan terkadang pula tidak ada artinya, atau tergantung pada konsep kalimatnya.

Pengertian to be dalam bahasa Inggris

Dan yang paling mendasar, ketika penggunaan to be yang berarti “adalah”, maka to be tersebut digunakan untuk memberitahukan pekerjaan/profesi (kata bendada) yang sedang disandang oleh si subjek.

Misalnya: Penyanyi, Petani, Peternak (Pekerjaan), Meja, Kursi (Benda) dan banyak lagi. Yang pastinya, ketika menggunakan to be yang berarti “adalah” maka kata setelahnya bukan kata kerja, melainkan kata benda sebagai profesi atau pekerjaan.

Itu adalah sebuah buku --› It is a book

Saya adalah seorang penyanyi ---› i am a singer

Kalimat di atas tidak memiliki kata kerja di dalamnya.

Bisa dilihat dari kata kerja sing/bernyanyi telah berubah menjadi penyanyi/singer yang artinya seseorang yang pekerjaannya adalah penyanyi.

Tapi kalau begini:

Saya bernyanyi/i sing.

Pada kalimat di atas terdapat kata kerja yaitu bernyanyi/sing. Oleh karena itu, tidak menggunakan to be. 

Masih ingat tentang artikel sebelumnya yang membahas tentang predikat.

Nah, pada kalimat: I sing adalah kalimat yang mengandung Subjek + Predikat.

Bila masih samar-samar tentang predikat, sebentar setelah membaca artikel ini, sebaiknya baca juga artikel sebelumnya yang membahas tentang penggunaan predikat dalam bahasa Inggris. Deal?

Dan pada kesempatan kali ini, admin akan membahas penggunaan to be; am, are, dan is yang berarti "adalah". Ingat pembahasan kita kali ini ialah to be yang artinya "adalah". Ok? 

Mungkin kamu telah membaca ratusan kali tentang pengertian to be dan apa itu to be dalam bahasa Inggris, tapi masih samar-samar saja. Atau mungkin, malah belum tahu apa itu to be dalam bahasa Inggris? 

Dan siapa tahu aja baru dengar tentang to be melalui postingan ini. Apapun alasannya, tidak ada masalah bagi admin, ayo belajar bersama!

Karena admin yang kebetulan lebih dahulu paham tentang itu, maka kewajiban bagi admin untuk berbagi di sini, kiranya melalui tulisan ini, kamu bisa paham ya, toh? Kalau benar, silahkan berkomentar nanti di akhir artikel. Ok? Mari kita lanjutkan!

Pengertian to be dala bahasa Inggris

To be itu, kalau dalam bahasa Indonesia ialah kata bantu, yang akan membuat kalimat itu menjadi lebih jelas tentang maksud dan pengertian tentang apa yang dibahas pada sebuah kalimat. So, biasanya dalam bahasa Indonesia seperti ini:

Saya penyanyi!

Sebenarnya jika dilihat dari struktur kalimat dengan ejaan yang benar, di sana ada kata adalah (saya adalah penyanyi). Berarti, kata adalah dalam bahasa Indonesia itu sebenarnya boleh dianggap to be lah, hehehe.

Dalam percakapan sehari-hari, kata adalah seringkali disembunyikan oleh yang berbicara, karena itu akan mempermudah dalam pengucapan, bahasa tidak terasa kaku, dan dengan tidak disebutkan pun, orang Indonesia tentu sudah mengerti juga. Ya, enggak?

Nah, apakah sama dengan bahasa Inggris? Tentu tidak. Bahasa Inggris itu baru akan dapat dipahami bila ada bantuan to be dalam kalimat. 

To be-lah yang akan memberikan penjelasan tentang apa yang menjadi pembahasan pada kalimat itu.

Ya, kalau diartikan secara terpisah, to artinya ke, dan be artinya menjadi. Nah, kalau diartikan secara khusus berarti “adalah”.

Sampai di sini pusing?

Hahaha, admin juga enggak tahu kok tiba-tiba jadi “adalah”. Juga tidak paham kok di kepala admin pengertian khususnya seperti itu. hehheh.  

Tapi apapun itu, yang jelasnya, perlu diingat bahwa, pengertian to be yang akan kita bahas saat ini ialah to be yang berarti “adalah”.  Itu saja. Sepakat?

Admin juga pernah dengar, to be terkadang tidak diartikan. Sebenarnya to be selalu memiliki arti, tapi bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang gaul, ya otomatis artinya akan tersembunyi.

Contoh:

I am a singer.

Andaikan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang benar, maka akan menjadi:

Saya adalah seorang penyanyi.

Akan tetapi bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang tidak pada ejaan yang benar, akan seperti ini:

Saya penyanyi. 

Oleh sebab itu, admin simpulkan bahwa, dengan to be kalimat akan jadi jelas.

Misalnya:

I am a singer/saya adalah seorang penyanyi.

Terus bagai mana jika to be–nya dihilangkan seperti dalam bahasa Indonesia yang gaul?

I singer.

Nah, lihatlah! Kira-kira saat mendengar kalimat itu, mengerti tidak?

Yang ada, pasti timbul pertanyaan: Maksudnya?

Karena bahasa Inggris tidak boleh juga dibuat seperti bahasa gaul Indonesia. Jadi begitulah pentingnya to be dalam bahasa Inggris. Kalimat tidak akan lengkap dan jelas tanpa adanya to be

Ya, seperti kata adalah dalam bahasa Indonesia, tapi dalam bahasa Indonesia masih bisa dimaklumi, karena adanya bahasa gaul zaman now. 

Namun, bila dalam bahasa Inggris, kita harus taat pada aturan bahasa  negara lain, selama kita paham. Oleh karenanya, kita harus terus belajar, agar kita dapat mengetahuinya dengan pemahaman yang sebenarnya.

Ok, jelas!

Untuk penggunaan to be dalam bahasa Inggris, sebenarnya ada banyak macam. Namun, kali ini admin hanya ingin membahas yang paling simple dulu. 

Admin tahu, belajar bahasa Inggris bukanlah hal yang mudah. Ibaratnya, belajar bahasa Inggris, layaknya mendaki gunung yang tinggi, tidak boleh dan tidak akan mungkin kita langsung berlari sampai puncak. 

Kalau pun ada yang berani mencoba, admin jamin, dia tidak akan sampai di pertengahan dan memutuskan untuk berhenti mendaki.

Belajar bahasa Inggris pun sama. Jika ingin langsung mahir dalam waktu sekejap mata, maka sudah bisa dipastikan, kamu akan mundur dan memutuskan untuk tidak belajar lagi. Jadi, mari memulai dari yang paling dasar. terlebih dahulu. 

Ok? Ya, anggap saja kamu sedang memulai pendakian. Langkah awal ialah melalui dari lereng demi-demi lereng gunung, dan tidak untuk memaksakan diri.

Baik, sepertinya terlalu panjang deh, admin membuat ilustrasi. hehehe.

Berikut to be yang admin maksudkan: am, are, is

Kali ini, ketiga to be dia atas akan admin bahas dari penggunaannya yang berarti “adalah” saja. Ingat, pembahasan kali ini, to be tersebut untuk arti “adalah”! Berarti akan ada pembahasan mengenai to be selanjutnya. Paham?

Ketentuan to be

Ketentuan to be (am are dan is) dalam bahasa Inggris yang berarti "adalah" fungsinya untuk menjelaskan kata benda (profesi atau pekerjaan). 

Ketiga to be tersebut haruslah berpasangan dengan subjek yang sesuai. Karena masing-masing to be memiliki pasangan yang telah ditentukan dalam aturan bahasa Inggris.

Misalnya: 

I am a doctor.

Tentu akan aneh ketikan ada orang yang bilang

I is a doctor.

Sudah aneh salah pula. Hehehe.

To be am

To be am ini spesial dan dikhususkan hanya untuk mendampingi subjek I saja.

Am adalah to be yang setia pada pasangannya. Am tidak akan pernah ke sana kemari untuk melengkapi subjek yang lain.

Misalnya: 

I am a singer.

Tentu salah besar andai kamu bilang: 

I is a singer.

So sekali lagi ingat,  to be am hanya digunakan untuk subjek I saja!

Ok?

To be are

To be are ini sifatnya melayani beberapa subjek seperti; you, they,  dan we.

Wow, kamu bisa melihat bahwa, to be are dalam bahasa Inggris memiliki tiga subjek yang harus dilayaninya setiap saat. 

Capek juga yah, kayaknya? Melayani tiga subjek? Hehehe.

Cie... yang udah punya subjek, ingat yang setia pada subjeknya! Jangan seperti to be are, ya! wkwkkwk

Tahukah membedakan subjek dan objek? Andaikan masih belum jelas baiknya baca juga artikel ini: Cara membedakan subjek dan objek dalam bahasa Inggris

To be are dalam arti adalah sama dengan to be yang lainnya, yaitu masih digunakan untuk meperjelas sebuah benda seperti salah satunya pekerjaan yang sedang digeluti.

You are a writer/kamu adalah penulis 

They are writers/mereka adalah penulis 

We are writers/kita adalah penulis

To be is

To be is juga melayani tiga bentuk subjek yaitu he, she, it (kata ganti benda),

Karena itu, kamu tidak bole mengatakan she are. Subjek she, he, dan it, hanya boleh dipasangkan dengan is. 

So, ketika membuat kalimat yang berbentuk pernyataan sebuah benda yang mengarah pada tentang pekerjaan yang menjadi profesi seseorang, dan menggunakan subjek she, he, it, maka gunakan to be is untuk mendampingi subjek tersebut.

Contoh:

She is a teacher/dia adalah seorang guru. (benda dalam bentuk profesi) 

He is a teacher/dia adalah seorang guru. (benda bentuk profesi) 

It is a letter/itu adalah sepucuk surat. (benda selain manusia)

Kesimpulan

Dalam penggunaan to be am are dan is, yang bila artinya “adalah”, otomatis kata setelahnya adalah kata benda ghaib yang berupa profesi/pekerjaan, benda hidup, dan benda mati. 

Sampai di sini paham, kan? Andaikan ada yang ngeganjal boleh tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Admin akan membalasnya secepat mungkin.

Jadi begitulah dasar penggunaan to be pada subjek yang seharusnya. Untuk pembahasan to be ini,  masih ada kelanjutannya, yang pasti to be dengan arti yang lain. 

Namun, untuk saat ini, cukup sekian dulu agar kamu tidak pusing melihatnya.  Dan, semoga bisa dimengerti dan dapat diaplikasikan dalam percakapan sehari-hari. 

Ok, see you on the other side.  

Artikel Terkait

1. Penggunaan to be am are dan is pada negative dan interrogative

2. Predikat dalam bahasa Inggris






Admin kece
Hai, Saya admin kece, yang akan selalu siap membantu kamu jika memerlukan. Sebelumnya saya adalah crew dari perusahaan kapal pesiar dengan jabatan sebagai AB. Dan, saat ini saya sedang long vacation and insya Allah akan stay di rumah dengan durasi waktu yang lama. Jadi, saya akan menyempatkan diri untuk berbagi yang insya Allah bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter