-->

e. Pengertian dan cara menggunakan present participle dam bahasa Inggris

Posting Komentar

pengertian present participle dalam bahasa inggris
-
Present participle adalah bentuk kalimat yang menggambarkan tentang kejadian yang sedang terjadi saat ini dan memiliki batas waktu yang tidak lama. Yang namanya terjadi saat ini adalah kejadiannya sedang berlangsung ketika kita mengucapkan kalimatnya alias menjelaskan tentang apa yang dikerjakan. Oh, satu lagi, kalimat present participle, hanya fokus membahas tentang sekarang atau yang terjadi sekarang. Berarti tidak ada kata negative, maupun interrogative. Ok?
Apabila kamu membuat kalimat dalam bentuk negative, itu artinya kejadian itu belum/tidak terjadi. Sedangkan pola kalimat present participle adalah pola kalimat yang membahas tentang kejadian yang berlangsung saat itu. Dan, juga tidak boleh membuat kalimat dalam bentuk pertanyaan lalu mengatakan, ini adalah pola kalimat present participle yang mengalami perubahan ke interrogative. Stop membuat pola kalimat yang tidak logis! Karena fokus kita di sini ialah, mengenal nama dan bentuk pola kalimat, so kamu harus tegas. Kalau terjadi ya terjadi, kalau belum ya belum. Ok?
Present participle dalam bahasa Inggris adalah pola kalimat yang membahas tentang kejadian yang berlangsung sekarang. Contohnya, saya sedang menulis/i am writing. Berarti, kejadian itu sedang berlangsung. Bila kamu membuat kalimatnya seperti ini, saya sedang tidak menulis/i am not writing right now. Berarti, itu buka present participle [bentuk pola kalimat seperti itu, akan dibahas di artikel selanjutnya]. 
Apalagi ketika kamu membuat kalimat dalam bentuk pertanyaan seperti ini: apakah saya sedang menulis sekarang/am i writing right now? Hei, coba pikir lagi, itu bukalah kejadian yang berlangsung. Andaikan kalimatnya sedang berlangsung tidak akan mungkin ditanyakan.


Bentuk negative dan interrogative bukan pola kalimat yang berbentuk present participle. Ingat, kalimat negative dan interrogative tidak termasuk dalam rumusan present participle atau kalimat yang tidak/belum terjadi bukanlah pola kalimat present participle. Ok? Jangan mengikuti rumusan-rumusan yang dibuat kebanyakan orang di luar sana yang membuat kalimat tidak karuan.

Pola kalimat present participle dalam bahasa Inggris.

Present participle adalah pola kalimat yang hanya berbentuk positive seperti ini: S + TO BE + VERB+ING + KETERANGAN.
Rumus present participle hanya satu itu. Tidak ada lagi yang lain yang mengatakan not dan interrogative (?).
Ok?
S + TO BE + VERB+ING + KETERANGAN. Subjek (S) berarti pelaku, to be (am, are dan is berarti sedang, kata kerja dengan tambahan: ing berarti pekerjaan itu sedang berlangsung atau sedang dalam proses pengerjaan. Kata keterangan, bisa menggunakan; keterangan waktu, keterangan kata benda, keterangan tempat, keterangan kata sifat, keterangan kata kepemilikan.
Jangan lupa ketika hendak menambahkan “kata keterangan”, kamu harus melihat kata penghubung yang tepat. Misalnya, sedang membahas tempat, berarti kamu harus menggunakan kata penghubung (on, in dan at). Sedangkan ketika sedang menggunakan keterangan benda kamu harus menggunakan article (a, an, dan the) yang tepat. Dan bila menggunakan keterangan sifat tidak perlu kata penghubung. Dan jika menggunakan kata kepemilikan maka gunakan penghubung possessive pronouns (my, his, her, their, our, it).
Penambahan kata “ing” pada kata kerja merupakan tanda bahwa, kejadian itu sedang berlangsung. Ingat, ya! Sekali lagi, ketika terjadi penambahan ing pada kata kerja, maka pekerjaan itu sedang dilakukan.
Misalnya, kata kerja: eat menjadi eating, yang artinya sedang makan.
Contoh dalam kalimat: 
Saya sedang makan /i am eating.
Kalimat di atas adalah kalimat yang menandakan tentang pekerjaan yang sedang dilakukan sekarang. Meskipun tidak diberi keterangan waktu, tetap saja kalimat tersebut dapat diketahui kapan terjadinya. Namun, ketika hendak memberi keterangan waktu, boleh juga dengan menggunakan kata: right now or now.
Misalnya: i am eating right now. Atau seperti ini: i am eating now. Kedua kalimat itu, pun sama artinya dengan kalimat: i am eating/saya sedang makan sekarang.
So, bebas aja, mau menambahkan keterangan waktu juga boleh, tidak juga boleh.
Contoh kedua:
She is writing a book/dia sedang menulis buku.
Kalimat di atas adalah kalimat berbentuk present participle dengan keterangan kata benda. Dapat dilihat dari article yang digunakan adalah a.
Seandainya, kalimatnya memakai subjek jamak maka tentu article yang digunakan pun harus jamak juga. Misalnya, "they are writing the  books", yang artinya mereka menulis buku.
Karena yang menulis ada banyak orang maka tentu naskah yang dihasilkan pun akan banyak. Oleh karena itu, article yang digunakan adalah article the. Atau article netral.


Contoh ketiga:
He is studying at home.
Kalimat itu menggunakan keterangan tempat, maka penghubung yang digunakan ialah at, yang menandakan bahwa tempatnya dalam linkup area.
Contoh keempat:
I am sleeping  alone/saya tidur sendiri.
Kalimat di atas adalah kalimat yang menggunakan keterangan kata sifat. Alone adalah kata sifat yang artinya sendiri.
Contoh kelima:
I am reading my note/saya sedang membaca catatanku.
Bentuk kalimat di atas adalah kalimat yang menggunakan keterangan kepemilikan. Dapat dilihat dari bentuk possessive pronoun yang digunakan.
She is helping her mother/dia membantu ibunya. 
He is cleaning his house/dia membersihkan rumahnya. 
Baik, kira-kira sampai di sini dapat di pahami?
Untuk membuat kalimat dalam bentuk present participle, ada dua bagian yang perlu diperhatikan:
Pertama: subjek!
Subjek harus berpasangan dengan to be yang seharusnya. Jika tidak, akan fatal jadinya. 
Kedua: kata kerja!
Kata kerja harus ditambah dengan ing. Ketika membuat kalimat dalam bentuk present participle, kata kerja harus ditambah ing. Kapan tidak, kalimatnya salah.
Misalnya: i am write a book. Bisa saja terlihat benar jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. I=saya, am=sedang, write=menulis, a book=keterangan benda. Bila digabungkan: saya sedang menulis buku. Ya, memang terlihat benar untuk sekilas. Tapi, itu sama sekali tidak memiliki pola kalimat, dan itu salah anak muda. Hehehe.
Ketika kata kerja diawali dengan to be, maka kata kerja tersebut harus berubah bentuk, apabila kalimatnya sedang dilakukan wajib ditambahkan ing.
Ketika pekerjaan itu sedang dilakukan maka pola kalimatnya harus seperti ini: i am writing a book. Itu pola kalimat dalam bentuk present participle yang di mana kata kerjanya ditambah dengan ingDan, ketika kata kerja itu tidak ingin diubah maka harus menggunakan pola kalimat action verb [bentuk positif] yang menjelaskan bahwa pekerjaan sedang dilakukan: i write a book.
So, perlu digarisbawahi, ketika sedang ingin mengutarakan kalimat yang mengandung kata kerja di dalamnya, gunakan pola kalimat yang seharusnya. Bila menggunakan pola kalimat yang memiliki to be (am, are dan is), maka kata kerja harus ditambah ing. Ketika kata kerja tidak diubah, maka gunakan pola kalimat action verb.
Sumber referensi: www.talkenglish.com
Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk menguasai bahasa Inggris. Jangan pernah merasa bahwa, bahasa Inggris itu susah. Semua akan menjadi mudah jika kamu masih mau belajar. Yang susah itu, ketika kamu tidak tahu, tapi malas belajar. Ok, salam belajar dengan keras dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.


OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter