-->

j. Pengertian kata benda/noun dan pembentukan singular dan plural

Posting Komentar

tips membuat kata benda jamak dan tunggal
-
Penggunaan kata benda pada bahasa Inggris cukuplah rumit, sebenarnya. Karena untuk menyebutkan kata benda/noun dalam bahasa Inggris, benar-benar membutuhkan ketelitian extra. Terkadang kata benda itu berarti satu, dan ketika hendak membuatnya menjadi jamak, diperlukan aturan-aturan khusus untuk melakukan perubahan pada kata benda tersebut.  Dan, ketentuan yang ada tidak boleh dilanggar.
Namun, jangan takut dengan semua gertakan admin di atas. Sebab di posting-an ini, kamu akan memahaminya dan insya Allah pastinya dengan mudah.
Kata benda atau umumnya disebut dengan nouns dalam bahasa Inggris, adalah sebutan bagi benda-benda yang ada di bumi maupun yang ada di alam lain. Baik itu berupa; benda hidup, benda mati, benda padat, benda cair, benda tak terlihat, dan bahkan benda yang bentuknya masih dalam angan, tetap termasuk benda dan semuanya dikategorikan dalam kata nouns atau kata benda.
Mengenai kata benda ini, terkadang khalayak masih belum dapat memastikan apakah yang dilihatnya adalah benda atau bukan. Apakah kamu juga pernah mengalaminya?
Ok, jadi semua yang kamu lihat, dan bahkan yang tak terlihat sekali pun, tapi bisa dipikirkan, atau bentuknya ada di kepala, berarti itu adalah benda. Jadi kamu jangan terkeco, dan berkata: ini termasuk kata benda apa bukan, ya?
Pokoknya, semua yang memiliki bentuk, itu adalah kategori kata benda. Misalnya, hantu. Hantu  itu bentuknya gimana sih? Bentuknya hanya kamu yang tahu, coba tanya pada diri kamu sendiri! Ii..h bentuknya serem!!! Hehehe. Berarti hantu itu adalah benda, sebab dia memiliki bentuk.
Itu artinya, semua yang memiliki bentuk, baik itu bentuknya dapat dilihat oleh mata, maupun tidak,  semuanya termasuk dalam kategori kata  benda/nouns.
Kira-kira jelas?
Oke, untuk membuat kamu lebih mahir dalam menentukan kata benda apa bukan. Lihat dialog berikut
“Saya punya ide,” kataku sambil mengacungkan telunjuk kanan sejajar dengan kepalaku
Riang sedikit melototkan mata bulatnya. “Apa idenya?”
“Kamu sebaiknya macarin Rani dan saya macarin temnnya, Siska.” Seulas senyum kusuguhkan, pertanda meminta persetujuan.
“Ide yang bagus.” Riang tersenyum licik sambil manguk-manguk.
Apakah ide di atas masih termasuk benda. Ya, masih termasuk benda. Ide itu bentuknya memberikan rangsangan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. So, ide itu adalah benda.
Sering dengar guru di sekolah bilang kayak gini: Ini idenya siapa? Terus ada yang menjawab: Idenya si anu, Bu.         
Secara logika ide itu ada, tapi hanya nalar yang dapat melihatnya, mata tidak. Oleh karena itu, dalam bahasa Inggris, sering kali kita temui tulisan seperti ini:
I have an idea/saya punya sebuah ide, akan sama penggunaannya jika ada yang bilang: Saya punya buku/i have a book.
Oke. Sampai di sini semua sudah paham, kan? Guru itu benda apa bukan?
Ya, benda. Guru adalah manusia dan manusia adalah benda yang berjalan. Hehehe.
Yang jelasnya, semua benda dapat dipertanyakan. Seperti; Bendanya kaya apa? Bendanya di mana? Besar atau kecil? Bendanya jauh atau dekat? Bendanya nyata atau tidak?
Ok, sampai di sini penjelasan tentang benda dapat dimengerti? Karena semua sudah paham, maka mari kita lanjut.
Kata benda/nouns dapat dibedakan dalam dua bentuk, yaitu bentuk tunggal dan jamak. Bentuk tunggal juga disebut sebagai singular yang artinya bendanya hanya satu alias tunggal. Sedangkan bentuk jamak atau umumnya disebut sebagai plural, yang artinya bendanya lebih dari satu.

Singular

Singular berarti beda itu satu. Itu aja penjelasannya. Hehehe. Iya jadi admin mau jelasin kayak gimana lagi? 
Contoh.
Book, pulpen. laptop, chair.
Contoh penggunaan dalam kalimat
I have a book and pulpen/saya punya sebuah buku dan pulpen.
It is a laptop.
Pada kalimat, it is a laptop. Kalimat itu mengandung subjek+to be+article+objek. It adalah subjek, is adalah to be, a adalah article yang mengatakan bahwa benda yang akan disebutkan adalah tunggal, dan laptop adalah objek benda yang menjadi tujuan
Tentu kamu sudah paham toh, apa itu subjek, to be , article, objek? Kalau belum, baiknya baca juga artikel berikut: 

Plural/jamak 

Plural adalah benda yang jumlahnya lebih dari satu. Pembuatan plural/jamak ini tentu memiliki aturan yang akan admin jelaskan di bawah:

Cara membuat plural dengan menambahkan huruf s di akhir kata benda

Kebanyakan kata benda dalam bahasa Inggris, bila untuk membuatnya menjadi jamak atau membuatnya plural tinggal menambahkan huruf s di akhir kata benda.
Misalnya book bisa diubah menjadi jamak/plural dengan hanya menambah huruf s di akhir kata, sehingga kata book menjadi books.
Contoh benda dari singular ke plural
Pulpenà pulpens
Laptop àlapatops
Singer àsingers
Mother à mothers
Doctor àdoctors
Dan tentu banyak sekali yang bisa dibuat dari tunggal menjadi jamak hanya dengan menambah huruf s di akhir kata benda. Namun, tidak semua kata benda  dapat diubah seperti itu. Ada aturan lain yang mengkhususkan pada kata benda tertentu.
Misalnya, kata benda box. Tentu kamu tidak boleh langsung menambahkan s di akhir kata benda, sehingga menjadi boxs. Itu salah anak muda. Ehhehe. Berikut penjelasannya:

Cara membuat plural/jamak pada kata benda yang berakhiran ch, x dan s.

Cara membuat kata benda yang berakhiran ch, x, dan s, untuk menjadi jamak/plural ialah dengan menambahkan huruf es di akhir kata benda.
Box à boxes,
Watch à watches
Bus à buses
Dres à dreses
Contoh dalam kalimat.
I have two boxes like this/saya punya dua kotak seperti ini.
I have three watches/Saya punya tiga jam tangan.
 She has many dresses/dia punya banyak gaun.

Cara membuat plural/jamak pada kata benda yang berakhiran f atau fe.

Untuk membuat kata benda yang berakhiran f ata fe menjadi jamak, ada dua langkah yang perlu dilalui. Pertama,  ganti huruf f menajadi v, lalu tambahkan es.
Shelf à shelves
Wife à wives
Leaf à leaves
Life à lives
Life itu kata benda ya, karena yang hidup itu adalah benda, hahaha. Dari life ke lives ini sedikit membingungkan memang. Karena lives akan menjadi kata kerja bagi orang ketiga pada kalimat simple present. Tapi lupakan saja itu, fokuskanlah perhatian pada pembahasan kita saat ini, yaitu kata benda. Ok, deal?

Ada juga beberapa kata benda yang memang telah menjadi plural dan tidak perlu ditambah es atau s seperti yang lainnya.

Ternyata ada juga kata benda yang memang dari sana-nya sudah memiliki bentuk jamak/plural, sehingga tidak perlu mengubah apapun. So, jangan juga memberikan s atau es pada kata benda yang memang telah memiliki bentuk jamak/plural.
Child à children
Woman à women


Man à men
Mouse à mice
Goose à geese
Tentu akan salah ketika kamu memberikan huruf s pada kata benda di atas. Jangan sampai kamu bilang seperti ini:
I have childs. Salah itu mah. Yang benar: I have children/saya punya anak. kapan memakai kata children berarti anaknya banyak. Beda jika orang bilang: i have a child. Berarti dia hanya punya satu anak.

Ada juga kata benda yang berakhiran huruf hidup/vowels  seperti y dan o tidak memiliki ketentuan aturan.

Jangan sampai ada yang beradu argumen, kalau ini yang benar, itu yang benar, sebelum paham betul-betul. Karena pembentukan jamak/plural pada kata benda memang agak ribet. Seperti halnya kata benda di bawah ini yang tidak memiliki aturan tertentu seperti pada kata benda yang telah admin jelaskan di atas. Dan kamu jangan tanya kenapa? Ya, admin juga tidak tahu kenapa. Dugaan admin, mungkin pada saat itu, pendiri bahasa Inggris lupa kali, ya, sehingga amburadul gini. Hehhehe.  
Baby à babies
Toy à toys
Kidney à kidneys
Potato à potatoes
Memo à memos
Stereo à stereos

Dan, ada beberapa kata benda yang sama bentuknya baik plural maupun singular.

Nah, ini lagi sama juga gilanya. Bentuk tunggal dan jamaknya sama saja. Yang ini, admin yakin pada saat dahulu kala, ketika bahasa Inggris disempurnakan kata-kata ini terlupakan sehingga sama sekali tidak mengalami perubahan. Hehehe. 
Sheep à sheep
Deer à deer
Series à series
Species à species
Oya, barang kali ada pembaca yang tahu penyebabnya kenapa kata benda ini tidak mengalami perubahan ketika ia menjadi jamak/plural/ Kamu bisa menulisnya di kolom komentar. Barangkali kita bisa belajar bareng.
Sumber referensi www.talkenglish.com





OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter