-->

h. Pengertian dan cara membuat kalimat present perfect dalam bahasa Inggris

Posting Komentar

pengertian present perfect tense dalam bahasa Inggris
-
Present perfect tense adalah pola kalimat yang digunakan untuk menceritakan kejadian yang selesai dikerjakan di waktu yang lalu. Misalnya, I have lived in America for three years . Di kalimat tersebut, menjelaskan bahwa, orang itu telah tinggal di America tiga tahun dan saat ini dia tidak tinggal lagi di sana alias orangnya sudah pindah ke Indonesia.
Mengerti, kan?
Mungkin timbul pertanyaan kenapa bahasa Inggris terlalu banyak aturan? Kenapa banyak sekali pola kalimat yang harus dikuasai? Yap, karena bahasa Inggris memang unik, sebenarnya.  Jadi, semua kalimat yang dibuat selalu berdasar dari pola dan aturan tertentu. Oleh karena itu, dalam bahasa Inggris jarang sekali bisa menimbulkan kesalahpahaman. Misalnya:
I study English three days a week. Bentuk Simple present; sedang terjadi dan merupakan kebiasaan.
I studied English three hour yesterday. Simple past; telah terjadi dan selesai dan tidak dikerjakan lagi.
I am studying English in Malaysia. Present continuous; sedang terjadi dan masih akan berlanjut.
I was studying English in Singapore. Past continuous; telah terjadi dan selesai.
I will study English this week. Simple future; merupakan janji yang akan dilakukan di waktu mendatang.
I am going to study English. Juga simple future; merupakan sebuah rencana akan yang akan di lakukan di waktu mendatang
I have learned English since 2014. Present perfect; Merupakan kejadian yang telah dilakukan dan masih berlanjut.
Nah, lihat kan betapa teratur-nya jika kamu memahami konsep grammar. Sering kali orang Indonesia dikatakan unik bahasa Inggris-nya. Sebenarnya bukan unik, sih. Lebih tepatnya orang Indonesia itu kurang belajar grammar.
Kenapa?
Kadang –pengalaman pribadi– teman admin bertanya seperti ini: do you want to drink?
Admin menjawab: yes thank you.
Lalu  dia mengambilkan minuman. Baru admin sadar, ternyata jawaban yang admin berikan tadi berbentuk positive alias bukan no. 
“Yes thank you”, maksud admin itu, "terima kasih, tidak usah". Tapi, ternyata salah anak muda. So, jangan terbiasa menggunakan kata "yes", dan menganggap kata “yes” merupakan bentuk kesopanan atau merendah. Dan, jangan jadikan kata "thank you"  diartikan sebagai kata "tidak". Thank you menurut orang luar negeri adalah "terima kasih", saja. Beda di negeri kita, Bro. Kadang kata "terima kasih" dijadikan sebagai kata penolakan yang halus. So, untuk bahasa Inggris tidak berlaku hal yang sama. Ok?  
Oleh karena itu, penting bagi kamu yang ingin mahir berbahasa Inggris, perlu memahami semua grammar. Karena  dengan grammar yang tepatlah bahasamu bisa dimengerti.
Dan, untuk kali ini, admin akan memberikan penjelasan tentang cara membuat kalimat dengan menggunakan present perfect tense. Pola kalimat yang terjadi sebelumnya dan telah selesai hingga saat kalimat diucapkan.
Pola kalimat present perfect biasanya ditandai dengan adanya [to be] have dan has. Have digunakan untuk subjek: i, you, they, dan we. Sedangkan, has digunakan untuk subjek: she, he dan it.
Satu lagi, untuk pola kalimat preset perfect juga dibedakan menjadi dua jenis. Ada yang yang membahas tentang kejadian yang memiliki  lingkaran/kurung waktu tertentu. Ada juga yang tidak ada batasan waktunya.
Misalnya saya mengenal dia sejak 2019, itu artinya memiliki lingkaran waktu yang dimulai dari tahun 2019. Ada juga yang begini: saya tinggal di Indonesia selama 3 tahun. Juga memiliki lingkaran waktu. Akan tetapi, apabila kalimatnya seperti ini: saya tidak pernah melihat dia. Berarti itu tidak memiliki lingkaran waktu. Dan juga yang seperti ini: saya pernah melihat dia. Juga tidak ada linkaran waktu.

Baik untuk pertama kalinya, admin akan menjelaskan tentang pola kalimat preset perfect yang memiliki lingkaran waktu.

Untuk mengukur lingkaran waktu dalam bentuk kalimat present perfect, kita menggunakan kata bantu for dan since. Di mana for digunakan untuk mengukur waktu per periode. Sedangkan, since digunakan untuk menjelaskan awal terjadinya.

Present perfect dengan lingkaran waktu menggunakan for.

Pola kalimat present perfect  untuk mengukur periode waktu menggunakan for, berbentuk seperti ini: S + HAVE/HAS + KATA KERJA BENTUK KETIGA/PAST PARTICIPLE + FOR + KK.
I have been there for three years.
I have lived in Thailand for three years.
Pada kalimat, “i have been there for three years”, i adalah subjek, have adalah to be yang digunakan untuk present perfect, been adalah bentuk ketiga atau bentuk past participle dari be yang artinya telah berada, there adalah kata ganti untuk benda, for adalah alat yang digunakan untuk menandai lingkaran/kurung waktu tertentu,  three years adalah kurung waktu.
Pada  kalimat: i have lived in Thailand for three years.  Di kalimat ini, kata kerja yang  digunakan adalah kata kerja bentuk ketiga yaitu lived, yang juga berarti telah tinggal. Kenapa artinya sama dengan been?
Jadi, ketika menggunakan kata kerja bentuk ketiga/past participle maka kata benda disebutkan. Sedangkan bila ingin menggunakan been, bila membahas tentang benda, terlebih dahulu ganti kata benda menjadi (there, here). Sedangkan , ketika membahas tentang kepemilikan gunakan possessive pronoun (my, her, his, their, our, dan it). 
Contoh: Aditya has been my friend for 50 years. Artinya, Aditya telah tidak ada lagi di bumi ini.
Penting, ketika hendak menggunakan been, pastikan terlebih dahulu bahwa kata benda atau kepemilikan yang kamu maksud sudah dipahami, dan dilihat oleh orang yang sedang kamu ajak berinteraksi. Dan bila, orang yang kamu ajak berinteraksi tidak mengerti tentang benda atau kepemilikan yang kamu maksudkan gunakan kata kerja bentuk ketiga saja. Ini dilakukan untuk memperjelas percakapan.
Contoh: I have known Aditya for 50 years.  Atau, I have lived in America for 3 years. 
So, pastikan dulu apa yang akan kamu ungkapkan. Jika benda yang kamu tuju masih belum diketahui  orang lain, sebaiknya menggunakan kata kerja bentuk ketiga saja. Nanti, mereka salah paham atau tidak mengerti.
Jika ada orang bertanya:
Have you lived in eropa/kamu pernah tinggal di eropa?
Yes, i have lived in America for three years.
Kalimat di atas menggunakan lived karena pertanyaannya menggunakan kata benda “eropa”, so jawabannya harus diperjelas bahwa, kamu pernah tinggal di America.
Beda jika orang itu, bertanya: Have you lived in America/apakah kamu pernah tinggal di America?
Kamu bisa jawab: ya, i have been there for three years.
Menggunakan been untuk mengganti kata benda yang ditanyakan [America]. Sebenarnya, boleh juga mengulang apa yang ditanyakan tanpa harus menggantinya [there]. Tapi, bahasa kamu akan terlihat  keren jika diganti. Boleh aja kamu membalas seperti ini: Yes I have lived in America for three years. 
Dan seperti yang kamu tahu, bahasa akan lebih keren jika kita menguasai grammar. Hanya orang yang tahu grammar-lah yang bisa mengubah kata benda seperti pada jawaban dari pertanyaan di atas.
So, untuk membuat pertanyaan dan menjawab kalimat seperti itu, per-jelas terlebih dulu pokok pembahasannya, baru kamu bisa menggunakan been.

Present perfect untuk kurung waktu menggunakan since.

Since digunakan untuk memberitahukan tentang waktu dimulainya kejadian dan masih berlanjut. Misalnya, kamu telah tinggal di America sejak 2019
Berarti  kejadian itu dimulai dari 2019 dan masih berlangsung. Kira-kira bisa dipahami?
Pola kalimatnya sama dengan yang di atas, hanya saja kata for diganti menjadi since. Ia berbentuk seperti ini: S+ HAVE/HAS + KATA KERJA BENTUK KETIGA/PAST PARTICIPLE + FOR + KK
I have lived in america since 2017.
Pada kalimat di atas menjelaskan bahwa, orang itu telah tinggal di America sejak 2017. Tercatat, ia sampai di America sejak 2017 dan mulai tinggal di sana bahkan sampai saat ini ia masih tinggal di tempat yang sama.
Contoh kedua:
She has been my friend since 2017.
Been digunakan ketika benda yang dimaksud juga sudah jelas. Pada kalimat di atas jika tidak diperjelas siapa temannya, maka orang yang diajak berinteraksi akan bingung. Beda jika kalimatnya seperti ini: Aditya has been my friend since 2017. Di kalimat ini pokok pembhasa adalah Aditya.
Seperti pada konsepnya bahwa, present perfect ada dua yaitu: present perfect  menggunakan kurung waktu atau pembahasannya telah dijelaskan di atas, dan Present perfect yang tidak memiliki batasan waktu akan admin jelaskan di artikel selanjutnya. Ok, sampai jumpa di artikel berikutnya.

OD Riadi
Hai, saya akan berterimakasih sekali jika berkenang memberikan tanggapan atau komentar perihal artikel ini. Bila sempat, mohon bagikan ke sosmed berikut, supaya teman kamu juga tahu.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter